Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI


Klik untuk Berkonsultasi Tentang Kebutuhan Alat Ukur Kualitas Air Industri Anda

Dasar Teori Tentang Asam Dan Basa | Ady Lab | harga pH Meter Murah

Dasar Teori Tentang Asam Dan Basa 

Teori asam basa yang paling sederhana pada awalnya diungkapkan oleh Svante Arrhenius pada tahun 1884.
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Berapa harga pH meter untuk mengukur larutan asam-basa di laboratorium?
Menurut teori tersebut, asam merupakan spesies yang mengandung ion-ion hydrogen, H+ atau H3O3+, sendangkan basa mengandung hidroksida (OH-).

Namun demikian, dalam teori ini terdapat dua kelemahan utama yang menyangkut masalah pelarut dan masalah garam. 

Teori asam-basa Arrhenius ini berasumsi bahwa pelarut tidak berpengaruh pada sifat asam basa.

Jika hydrogen klorida, HCl, dilarutkan dalam airu untuk menghasilkan asam hidroklorida, larutan ini menghantarkan arus listrik.

Perbedaan sifat HCl di dalam pelarut tersebut menyarankan bahwa pelarut benar-benar berpengaruh terhadap tingkah laku zat terlarut.

Asam (sering diwakili dengan rumus umum HA) secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7.

Dalam defenisi modern, asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton (ion H+) kepada zat lain (yang disebut basa), atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa.

Suatu asam bereaksi dengan suatu basa dalam reaksi penetralan untuk membentuk garam.

Contoh asam adalah asam asetat (ditemukan dalam cuka) dan asam sulfat (yang digunakan dalam baterai atau aki mobil) Asam umumnya berasa masam, walaupun demikian mencicipi rasa asam terutama asam pekat dapat berbahaya dan tidak dianjurakan. 

Secara umum Asam memiliki sifat-sifat sebagai berikut: 
Rasa: Masam ketika dilarutkan dalam air. 
Sentuhan: Asam terasa menyengat bila disentuh, terutama asam yang kuat.
Kereaktifan: Asam bereaksi hebat dengan kebanyakan logam, yaitu korosif terhadap logam. 
Basa

Definisi umum dari basa adalah senyawa kimia yang menyerap ion hydronium ketika dilarutkan dalam air.

Basa adalah lawan dari asam, yaitu ditujukan untuk unsur/senyawa kimia yang memiliki pH lebih dari 7.

Basa merupakan senyawa yang jika dilarutkan dalam air menghasilkan ion -OH. Secara umum Basa memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
Rasa : Tidak masam bila dilarutkan dengan air. Sentuhan : Tidak terasa menyengat bila disentuh. Kereaktifan : Kebanyakan tidak bereaksi terhadap logam

Untuk mengukur keasaman dan kebasaan suatu larutan ada beberapa metode. Namun metode yang paling mudah adalah menggunakan pH meter digital.
jual ph meter digital, jual ph meter air, jual ph meter tanah, jual ph meter murah, jual ph meter hanna, jual ph meter dan tds, harga ph meter, harga ph meter portable, harga ph meter air kolam, harga ph meter hanna instrument, harga ph meter air, harga ph meter hidroponik
Berapa harga pH meter digital untuk air dan laboratorium di atas?
pH meter digital adalah instrumen saintifik yang digunakan untuk mengukur nilai pH larutan dengan cepat, tepat, dan akurat.

Harga pH meter digital di pasaran berbeda-beda, tergantung merek, tipe, dan spesifikasi. Tapi untuk harga pH meter terbaik, Ady Water jagonya.

Hubungi kami di 0821 4000 2080