Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapakah Baku Mutu untuk Parameter pH Air Bersih, Air Minum, Air Limbah, Air Spa Menurut Regulasi?

Berapakah Baku Mutu untuk Parameter pH Menurut Regulasi?

Halo sobat Ady Water, banyak yang bertanya berapakah baku mutu untuk parameter pH menurut regulasi?

Parameter pH menunjukkan aktivitas ion hidrogen pada suatu larutan. Nilai pH ini juga memberikan derajat keasaman suatu larutan, dengan rentang pH antara 0 < pH < 14.

baku mutu parameter pH

Suatu larutan disebut larutan asam jika nilai pH antara 0 – 7, disebut larutan netral jika nilai pH = 7, dan disebut larutan basa jika nilai pH antara 7 – 14.

Ada juga yang disebut superacid / super asam dengan nilai pH larutan di bawah 0, dan superbasa superbasic dengan nilai pH larutan di atas 14.

Nilai pH larutan memiliki karakteristik yang sangat beragam dan harus dikontrol untuk kebutuhan air bersih, air minum, maupun aplikasi air lainnya.

Di artikel ini, kami akan memberikan nilai pH untuk baku mutu beberapa air menurut regulasi lengkap dengan nomor peraturan nya.

Berdasarkan Permenkes no. 23 tahun 2017 tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Kesling dan Persyaratan Kesehatan Air untuk Keperluan Higine Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum

pH baku mutu Air untuk keperluan higiene sanitasi: 6,5 – 8,5

pH baku mutu Air untuk kolam renang: 7-7,8 (apabila menggunakan khlorin dan diperiksa mininum 3 kali sehari); 7-8 (apabila menggunakan bromine dan diperiksa mininum 3 kali sehari)

pH baku mutu Air untuk Spa: 7,2 – 7,8 (apabila menggunakan khlorin untuk disinfeksi); 7,2 – 8,0 (apabila menggunakan bromine untuk disinfeksi)

pH baku mutu Air untuk pemandian umum: 5 – 9

Berdasarkan Kriteria dan standard kualitas air nasional, Dir. Penyelidikan Masalah Air, Jakarta, Maret 1981 (241/LA-18/1981) kelair.bppt.go.id

pH baku mutu Air untuk air limbah: 6 – 9

pH baku mutu Air untuk pertanian, industri listrik tenaga air dan lintas air: 5 – 9

pH baku mutu Air untuk perikanan dan peternakan: 6 – 9

demikian diantara beberapa baku mutu untuk parameter pH pada air minum, air sanitasi, air kolam renang, air spa, dan lain-lain.

Bagaimana cara mengukur pH pada air?

Ada beberapa cara mengukur pH pada air, yaitu:

1. Mengukur pH menggunakan lakmus biru dan lakmus merah

2. Mengukur pH menggunakan kertas lakmus pH

3. Mengukur pH menggunakan alat pH meter digital

Menggunakan lakmus biru dan lakmus merah memiliki kekurangan yaitu tidak bisa mendapatkan nilai pH dari larutan, hanya dapat mengetahui apakah pH nya di bawah 7, sama dengan 7, atau di atas 7.

Menggunakan kertas lakmus pH memiliki kekurangan yaitu hanya bisa mendapatkan nilai pH bilangan bulat, sementara jika kita memperhatikan baku mutu parameter pH harus bisa dikontrol hingga satu angka di belakang koma.

Alat untuk mengontrol pH hingga satu bahkan dua angka di belakang koma dengan akurasi dan presisi tinggi adalah pH meter digital.

Ady Water menjual pH meter digital dengan berbagai tipe dan spesifikasi. Mana tipe yang paling cocok untuk aplikasi air Anda? Konsultasikan dulu aja pada kami, gratis.

Hubungi sales kami di 0821 4000 2080

Atau klik icon whatsapp di kiri bawah layar smartphone Anda.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI